Orideknews.com, BIAK, – Hasil karya sebuah bangunan Gapura yang terletak di Kampung Binyeri, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor sebulan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Teknik Sipil Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Provinsi Papua, diresmikan.

Peresmian gapura tersebut dilakukan oleh Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.,MT dan Bupati Biak Numfor Hery Ario Naap, Senin (24/2/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Hery menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa Uncen yang melakukan KKN dan berhasil membangun satu Gapura yang bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah, meskipun KKN hanya berlangsung selama 1 bulan.

Kedepannya, kata Bupati, pemerintah Biak Numfor berharap ada program serupa melalui kegiatan mahasiswa KKN Uncen, namun bukan saja dari Fakultas Teknik Sipil, namun kalau boleh dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) atau bisa bergantian dengan fakultas lainnya.

Dijelaskan bupati Hery, kegiatan KKN bukan saja fisik tetapi ada kegiatan pengabdian mahasiswa KKN kepada masyarakat Biak Numfor. Tujuannya agar wawasan mahasiswa nyata kepada masyarakat di lapangan

Menurutnya, KKN merupakan salah satu dari bangian mewujudkan tri darma perguruan tinggi, khususnya pengabdian masyarakat. Namun terlepas dari itu, tentunya diharapkan dengan adanya KKN ini akan membuka cara pandang dan berpikir mahasiswa yang tidak lama lagi akan selesai.

Terutama lagi tentang bagaimana  implementasi ilmu-ilmu yang didapatkan di bangku kuliah setelah selesai nantinya.

“Ditangan adek-adek sekarang ada masa depan Papua. Oleh karena itu, saya sarankan untuk gunakan kesempatan selama jadi mahasiswa untuk menimba ilmu yang sebaik-baiknya, sehingga kedepan dapat berguna bagi kemajuan pembangunan di Tanah Papua,” ujar Bupati Hery.

Bupati Biak Numfor Hery Ario Naap. Foto: Humas Biak

Sementara itu, Rektor Uncen, Apolo Safanpo menyampaikan, ucapan terima kasih atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dengan Universitas yang setiap saat menerima mahasiswa Uncen ditempatkan KKN.

Dukungan dan kerja sama ini merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam mendukung upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas melalui sektor pendidikan di Tanah Papua, khususnya lagi melalui pendidikan tinggi seperti Uncen.

“Uncen sebagai perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa paling banyak di Tanah Papua tentunya terus berupaya menghasilkan SDM berkualitas, kerja sama dan dukungan semua pihak sangat dibutuhkan. Dan kami memberikan apresiasi kepada pemkab Biak Numfor yang cukup mendukung anak-anak kami setiap datang KKN,” ujarnya.

Dikatakan Safanpo, tuntutan SDM yang berkualitas diera saat ini perlu menjadi perhatian bersama secara serius, khususnya lagi di Tanah Papua. Terutama kesiapan dalam menghadapi perkembangan zaman menjadi hal yang perlu disikapi bersama dengan terus meningkatkan kualitas SDM  generasi muda melalui pendidikan tinggi.

“Tantangan besar kedepan adalah bagaimana kita menyiapkan generasi muda berkualitas, 25 tahun kedepan diperkirakan usia produktif generasi muda Indonesia sudah mencapai 100 juta jiwa, Indonesia akan menempati peringkat tiga setelah China dan India. Untuk itu, kita harus menyiapkan diri dari sekarang, sebab jika tidak, maka kita akan menjadi penonton”  pesan Rektor Uncen. (HUM/ON)

Share.

Leave A Reply

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)