Orideknews.com, MANOKWARI – Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Manokwari gelar Pelatihan Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bagi petani dan siswa SMK di Kabupaten Manokwari Selatan.
Pelatihan yang digelar selama 3 hari itu terhitung tanggal 6 – 8 September 2018 dan diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari petani, siswa SMK magang Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat.
Pelatihan yang terlaksana atas kerjasama STPP Manokwari dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan tersebut mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan petani penerima bantuan Alsintan serta penyuluh pertanian di lokasi penerima bantuan dalam mengelola alsintan.
Selama pelatihan,peserta dibekali praktik tentang pengenalan traktor roda 2, traktor roda 4, combine harvester, cultivator, alat tanam jagung dan alat tanam padi serta komponen-komponen yang ada didalamnya, misalnya pemeliharaan pengoperasinya yang ajarkan oleh Dosen dan Staff STPP Manokwari.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan H. Bua, dalam pernyataannya mengapresiasi STPP Manokwari untuk membantu mengoptimalkan Alsintan di Kabupaten Manokwari Selatan.
“Ini pertama kalinya ada pelatihan Alsintan untuk petani di Kabupaten Manokwari Selatan. Kami sangat berterima kasih kepada STPP Manokwari yang telah membantu terwujudnya kegiatan pelatihan Alsintan ini. Kami harap kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” jelasnya. (RED/ON).
Share.

Leave A Reply

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)